loading...

Tips Dasar Memilih Sekokah SMA/SMK Agar Tidak Salah Pilih

Sekolah merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh semua anak di indonesia. Mengapa sekolah wajib? Karena di dalam sekolah tentunya kita semua ingin belajar dan menurut ajaran islam menuntun ilmu itu hukumnya wajib.

Setelah lulus sekolah menengah pertama seperti MTS dan SMP. Pastinya ada niatan kita untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi seperti sekolah menengah atas dan kejuruan.

Saat saat yang membuat kita sebagai siswa dalam memilih sekolah di jenjang selanjutnya merupakan saat saat yang sedikit membingungkan. Pasalnya ada banyak sekali sekolah di daerah kita tentunya.


Banyaknya sekolah yang ada membuat kita menjadi binggung mau daftar dan masuk ke sekolah yang mana. Tapi sekarang kamu harus berfikir lebih pintar lagi untuk memilih sekokah agar tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari.

Untuk membantu kamu memilih sekolah, saya akan bantu kamu. Berikut ini adalah tips saat memilih sekolah di jenjang tengah dan kejuruan.

1. Lokasi Sekolah

Kamu harus mempertimbangkan hal ini dalam memilih sekolah, lihat terkebih dahulu lokasi sekolah dari rumah kamu. Jika lokasinua jauh kamu harus berfikir ulang jika ingin mendaftar di sekokah tersebut.

Ideal nya jarak rumah kensekolah paling jauh adalah 30KM jika ditempuh menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Lebih dari itu kamu harus nge kost. Tapi buat kamu yang ga ada niatan buat nge kost, ya mending urungkan niat kamu buat daftar di sekolah yang jauh jaraknya.

2. Kebersihan Lingkungan

Sebelum kamu daftar ke sekolah, perlu sekali kamu cek kebersihan lingkungan yang ingin kamu masuki. Jika kebersihan nya kurang, saya sarankan cari sekolah yang lain. You now lah, sekolah yg kitor itu ga nyaman buat belajar.

3. Akreditas Sekolah

Yang ingin menjadi pelajar yang pintar, disiplin dan berkualitas tentunya. Kamu harus melihat apa akreditas sekolah yang ingin kamu masuki. Semakin bagus akreditas nya, maka semakin besar pula kualitas sekolah tersebut.

4. Akhlak Pelajar Di Sekolah

Yang saya maksud disini adalah akhlak calon kakak kelas dan aklah mayoritas pelajar di sekolah yang hendak kamu masuki. Jika akhlaknya baik kamu boleh daftar di sekolah tersebut. Tapi jika akhlak para pelajar yang ada di sekolah tersebut kurang baik, saya sarankan urungkan niat kamu untuk daftar di sekolah tersebut.

Pasalnya jika kamu daftar di sekolah yang mayoritas akhlak atau tingkah lakunya jelek, jika kamu menerima tingkah laku tersebut. Maka jika sebelumnya kamu orangnya baik, akan berubah menjadi buru* jika kamu sekolah di sekolah tersebut. Tentunya faktor kepribadian mayoritas akan mempengaruhi sifat kamu.

5. Biaya Komite Sekolah

Please deh, jika kamu tergolong orang orang menengah kebawah, jangan cari sekolah yang VIP yang memiliki tagihan uang komite yang tinggi. Kasian orang tua kita yang membiayai kita saat sekolah. Mending cari sekolah yang lain yang biaya komite nya lebih murah.

Oiya, Mahal biaya sekolah tidak menjamin diri kamu bisa sukses atau berhasil. Intinya jika kamu niat dan sungguh sungguh, disitulah kunci keberhasilan kamu berada.

6. Next update :)

Oke mugkin cuman sampe 5 dulu ya, tentunya di next update akan saya tambahkan lagi berdasarkan pengalaman saya. Terimakasih semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments