loading...

Ulasan Singkat Tentang Cara Merawat Kelinci Yang Baik dan Benar

Kelinci adalah hewan yang banyak disukai orang karena menggemaskan dan lucu serta imut. Tak heran jika kelinci banyak disenangi banyak orang.

Kelinci menjadi hewan peliharaan bagi banyak orang di dunia ini karena dalam merawat kelinci tidak harus menggunakan perawatan yang ekstra.


Cukup dengan kandang dan makanan yang sehat saja kelinci sudah bisa hidup sehat dan makmur loh.

Berikut ini adalah ulasan singkat tentang bagaimana merawat kelinci yang baik dan benar.

1. Siapkan kandang yang layak
Hal pertama yang paling penting dalam merawat kelincj adalah menyiapkan kandang yang layak huni. Kandang merupakan seuatu hal yang wajib untuk melindungi kelinci dari predaror, penyakit, dan suhu bumk yang berubah ubah.

Kandang kelinci yang layak itu harus memiliki ukuran yang cukup untuk kelinci peliharaan, intinya tidak kekecilan tetapi lebih besar lebih baik, so kamu pasti laham tentang hal itu.

Selain itu kandang kelincj juga harus dijaga kebersihannya dan usahakan dapat tersinari oleh cahaya matahari pagi demi menjaga kesehatan dan kebugaran si kelinci.

2. Beri makanan kelinci yang layak
Makanan merupakan hal yang wajib bagi kelincj, pasalnya jika kelinci tidak dikasih makan, si kelinci bisa mati.

Untuk makanan kelinci harus dipastikan kebersihannya.

Biasanya kelinci diberi makan pelet yang terbuat dari rumput timothy kering. Kamu juga bisa memberikan makanan kelinci dengan tumbuhan hijau disekitar rumah kamu (yg ga beracun).

Selain makanan, kelinci juga harus diberi minum ya gaes.

3. Biarkan kelinci di alam bebas
Maksudnya adalah melepaskan kelinci peliharaan kamu ke ruangan yang bebas, seperti kandang yang luas dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan atau mengurangi stres si kelinci.

Dengan melepas si kelincu ke ruangan yang luas dan hijau atau sejuk dapat membuat si kelincj nyaman dan bergerah lincah.

4. Perlakukan kelinci dengan baik
Perlakuan kita terhadap kelinci haruslah baik, jangan sampai kita membuat kelinci itu takut. Hal ini dapat menyebabkan kelinci itu stres bahkan sakit.

5. Mandikan kelinci
Kelinci juga perlu mandi loh gaes, berdasarkan pengalaman saya memelihara kelinci, saya memandikan kelinci saya 3 kali dalam seminggu, tentunya selang seling ya memandikannya. Tujuannya agar tubuh si kelinci bersih dan terhindar dari kutu atau yang lainnya.

Dalam memandikan kelinci jangan lama lama, gunakan waktu secepatnya agar si kelinci tidak kedinginan.

Nah itulah dia beberapa cara mudah dan simple dalam memelihara kelinci, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Post a Comment

0 Comments