loading...

Panduan Dari Awal Hingga Akhir Proses Pembuatan Blog Di Blogger

Blog merupakan sebuah media yang berisi artikel artikel yang dibuat sedemikian rupa oleh publisher blog. Blog ada banyak jenisnya, seperti wordpress dan blogger atau blogspot.


Semua palfrom diatas memiliki versi gratisnya. Dan yang hampir gratis secara kesekuruhan adalah blogger. Blog ini bersumber dari google yang menyediakan fasilitas bagi publisher untuk membuat artikel di blog mereka secara gratis.

Dengan blogger kita semua bisa mendapatkan situs blog secara gratis dan mudah dikelola. Tidak seperti wordpres yang harus paham dengan bahasa pemrograman. 

Jadi buat kamu yang ingin mempunyai situa blog secara gratis, kamu bisa membuat blog di blogger untuk dapat membuat blog secara gratis.

Simak artikel selengkapnya untuk memahami tentang proses proses penbuatan blog dari awal hingga akhir.

1. Buat Akun Google
Pertama tama silahkan buat akun google terlebih dahulu, tutorial buat akun google atau gmail kamu bisa cari di google. Jika sudah mempunyai akun google silahlan lanjutkan ke step berikutnya 
2. Masuk ke blogger.com
Silahkan masuk ke link berikut untuk mengakses halaman pembuatan blog nya blogger.com
Setelah masuk maka akan tampil halaman seperti dibawah ini.
Setelah muncul seperti gambar diatas, silahkan klik buat blog.

Selanjutnya akan tampil halaman account google seperti gambar dibawah ini.


Jika kamu pernah login ke akun gooe melalui browser kamu, silahlan klik akun nya saja untuk lanjut ke proses login atau masuk ke blogger.

Tapi jika tidak pernah login melalui browser, silahkan klik tambahkan akun atau biasanya akan langsung halaman login, silahkan masukan email dan password.

Jika telah login, maka akan tampil sebuah halaman seperti dibawah ini.

3. Membuat Link, Judul, dan Tampilan Blog

Silahkan Perhatikan gambar dibawah ini
Pada kolom judul, silahkan masukan judul blog kamu. Misalnya Pubian Pedia.

Dibawahnya pada kolom alamat atau link blog, silahkan isi terserah kamu link blog yang simple, unik, dan mudah dihafal. Contohnya pubianpedia. Karena ini versi gratis atau tidak ada domain khusus. Maka kita dapat mendapatkan domain bawaan dari google yaitu blogspot.com.

Maka link pubianpedia tadi akan otomatis ditanbahkan menjadi pubianpedia.blogspot.com

Jika ingin menggunakan domain tld khusus seperti com dan lain sebagainya kamu harus membeli domain dan memanage dns nya.

Biar simpel gunakan domain gratis dari google yaitu blogspot.com. masukan domain atau link ke kolom tersebut dan diakhiri dengan blogspot.com

Contohnya pubianpedia.blogspot.com

Jika link tersedia maka akan tampil Ceklis hijau di kanan kolom. Dan kamu bisa lanjut ke kolom dibawahnya.

Selanjutnya adalah memilih tampilan blog kita, Perhatikan gambar diatas, silahkan klik atau pilih template blog yang kamu inginkan yang namtinya akan menjadi tampilan halaman blog kamu.

Jika semuanya sudah di isi, silahkan klik buat blog untuk memproses pembuatan blog kamu. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 5 detik saja.

Jika sudah kamu akan masuk ke halaman utama blogger, dan kamu sudah bisa membuat artikel pertama kamu di blog milik kamu.


4. Membuat dan mempublikasikan artikel

Sekarang kamu sudah bisa mempublikasikan artikel atau postingan di blog kamu. Untuk tutorial mempublikasikan artikel di blog kamu bisa baca di page selanjutnya atau klik link dibawah ini.


Oke mungkin cukup sekian untuk artikel kali ini, semoga bisa birmanfaat dan semoga kamu semua jadi blogger sukses.

Post a Comment

0 Comments