loading...

Ayo Cegah Kanker Dan Obesitas Dengan Makanan Mengandung Serat

Serat merupakan salah satu kandungan yang ada didalam sayur atau buah buahan. Serat sering dikatakan orang dapat menjadi strategi diet bagi orang orang. Serat juga tersusun oleh karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap sistem pencernaan manusia dan proses penyerapan di usus manusia.

Tumbuhan apa saja yang mengandung serat?



Pada dasarnya semua tumbuhan yang ada di bumi seperti sayuran dan buah buahan memiliki kandungan serat. Tapi tiap tumbuhan memiliki kadar serat yang berbeda. Contoh buah buahan yang mengandung serat tinggi adalah Pisang, Alpukat, Apel dan lain lain.

Sedangkan untuk sayur sayuran yang mengandung banyak serat adalah sayur bayam, wortel, brokoli dan lain sebagainya.

Walaupun tingkat serat pada sayuran atau buah buahan tidak sebanyak seperti yang saya contohkan diatas, buah dan sayuran tersebut tetap baik untuk kamu konsumsi.

Apa Fungsi Sayuran dan buah buahan yang mengandung serat?



Tentu saja banyak sekali fungsinya. Fungsi yang paling mencolok adalah sebagai alat diet para wanita dan pria yang ingin menguruskan badan nya. Selain itu serat dalam tumbuhan juga dapat mencegah bahkan menyembuhkan berbagai lenyakit kronis. Penyakit jenis kanker juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan mengandung serat.

Ternyata banyak hal yang tidak kita sadari ya gaes, saat ini banyak orang yang meninggalkan atau mengurangi makanan yang mengandung serat. Saat ini hanya beberapa persen saja anak di indonesia yang suka makan sayur sayuran tinggi serat. Padahal serat sangat penting bagi mereka dan kita semua tentunya.

Bagaimana cara kita tahu bahwa tubuh kita kekurangan serat?

Hal ini sangat mudah dijawan dan di rasakan bagi kita semua. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya juga sempat mengalami waktu dimana saya kurang makanan yang mengandung serat. Ternyata yang terjadi pada diri saya adalah sembelit.


Sangat menyebalkan bukan jika sembelit terjadi pada diri kita? Tanpa saya sadari pada saat itu ternyata salah satu penyebab sembelit adalah kekurangan serat. Dan setelah saya menyadari itu saya langsung memperbanyak makanan yang mengandung serat dan Alhamdulillah sembelit saya sudah tidak pernah terjadi lagi kepada diri saya.

Berikut penjelasan dari pakarnya "serat makanan mengurangi sembelit, karena mereka meningkatkan isi usus dan usus mengikat air dan dengan demikian melonggarkan kotoran Isi usus yang paling efektif adalah sereal serat lebih, yang merupakan gandum, bayam, brokoli, pisang dan lain sebagainya".

Nah itulah dia ulasan tentang manfaat kandungan serat pada makanan yang kita konsumsi. Terimakasih semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments